Minggu, 13 Oktober 2013

Tokoh Daerah Provinsi Sumatera Utara


1.Sisingamangaraja XII


Gelarnya adalah Sisingamangaraja XII .Sisimangaraja berasal dari 3kata : “si,singa,dan mangaraja” “si” yang berti kata sapaan,”singa” bahasa Batak yang berarti bentuk rumah Baka, dan “mangaraja” sama artinya dengan karta “maharaja”.berarti Sisingamangaraja itu Maharajanya orang Batak dari 12 penerus yg melanjutkan disnasti Sisingamaharaja ,Sisingamaharaja XII merupakan raja yang paling populer dan diangkat menjadi pahlawan nasional pada 9 November 1961.

2.KH.Zainul Arifin

Zainul Arifin lahir pada tanggal 2 September 1909 di Barus,Tapanuli Tengah,Sumatera Utara.Pada Usia Balita dia Pindah ke Kerinci,Jambi dan Dia menyelesaikan sekolah dasarnya dalam berbahasa Belanda HIS serta sekolah pendidikan guru di Normaalschool dusana Pada usia 17 tahun dia sudah merantau ke Batavia (Jakarta). Dia sempat memasuki Gerakan Pemuda (GP) Anshor,berorganisasi kepermudaan dubawah Nahdlatul Ulama (NU).kemahiran Zainul Arifin dalam berpidato,berdebat,dan berdakwa menjadiakan dia tokoh politik NU terkemuka dalam waktu singkat.

3.Kiras Bangun
Kiras Bangun adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia,dia menyebarkan kekuatan lintas agama di Sumatera Utara dan Aceh untuk menentang penjanjahan dari Belanda. Kiras Bangun juga seorang pemimpin gerakan bawah tanah didaerah Karo.dia juga dikenal dengan nama Garamata yang akhirnya dibuang didaerah Cipinang bersama kesua anaknya pada tahun 1919-1926,Dia gugur pada 22 Oktober 1942 kemudian dimakamkan di Desa BatuKarang,Payung,Kabupaten Karo.

4.Teuku Amir Hamza

Teuku Amir Hamza yang mempunyai nama Lengkap Tengku Amir Hamza Pangeran Indera Putera.ia lahir di Tanjung Pura,Langkat,Sumatera Timur pada tanggal 28 Feburuari 1911. Dia wafat di Kuala Begumit pada tanggal 20 Maret 1946 pada usia 35 Tahun .Dia adalah seorang Sastrawan Indonesia angkatan Punjagga Baru.dia lahir pada lingkungan keluarga Bangsawan Melayu Kesultanan Langkat dan berkecimpung dalam alam Satra dan Kebudayaan Melayu.

5.Adam Malik 
Adam Malik Batubara Lahir di Pematangsiantar,Sumatera Utara,Pada tanggal 22 Juli 1917.wafat di Bandung,Jawa Barat,pada 5 September 1984 Pada usia 67 Tahun dia adalah seorang mantan ,enteri Indonesia pada beberapa Departemen,Dia juga pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri,kemudian dia menjadi Wakil Presiden Indonesia yang ketiga.Adam Malik ditetapkan sebagai seorang Pahlawan Nasional Indonesia pada 6 November 1998 bedasarkan pada Kepres Nomor 107/TK/1998.

 


 

 

0 komentar:

Posting Komentar