Minggu, 27 Oktober 2013

Partai Besar di Indonesia

1. Partai Demokrat
Partai Demokrat didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Pada Kongres Luar Biasa Partai Demokrat yang diadakan di Bali tanggal 30 Maret 2013, Susilo Bambang Yudhoyono ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat sekarang banyak tersandung kasus korupsi, trend elektabilitas Partai Demokrat  terus merosot. 

2. Partai Golkar
Partai Golkar masuk sebagai 10 parpol peserta pemilu 2014, Partai Golkar dipimpin oleh Aburizal Bakrie, Pada Pemilu Legislatif 2014 mendapatang Partai Golongan karya Golkar mendapat nomor Urut 5, Ciri khas Partai Golkar adalah Warna Kuning dan Pohon Beirngin Rindang. Partai Golkar merupakan partai penguasa pada zaman orde baru selama kurang lebih 32 tahun.

3. Partai PDI
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan lahirnya PDI-P dapat dikaitkan dengan peristiwa 27 Juli 1996. Hasil dari peristiwa ini adalah tampilnya Megawati Soekarnoputri di kancah perpolitikan nasional. Eleklibilitas Partai PDI ini bisa dibilang bagus dan terus naik. Gubenur DKI Jakarta yang sedang banyak diperbincangkan dan disukai oleh kalangan masyarakat yaitu Jokowi berasal dari Partai PDI.

4. Partai PKS
Partai Keadilan Sejahtera merupakan pelanjut perjuangan Partai Keadilan (PK) yang dalam pemilu 1999 lalu meraih 1,4 juta suara (7 kursi DPR, 26 kursi DPRD Propinsi dan 163 kursi DPRD Kota/Kabupaten). PK-Sejahtera yakin bahwa jawaban untuk melahirkan Indonesia yang lebih baik di masa depan adalah dengan mempersiapkan kader-kader yang berkualitas baik secara moral, intelektual, dan profesional. 

5. Partai PAN
Partai PAN bertujuan menjunjung tinggi dan menegakkan kedaulatan rakyat, keadilan, kemajuan material, dan spiritual. Untuk terwujudnya Indonesia Baru, PAN pernah melontarkan gagasan wacana dialog bentuk negara federasi sebagai jawaban atas ancaman disintegrasi. Titik sentral dialog adalah keadilan dalam mengelola sumber daya sehingga rakyat seluruh Indonesia dapat benar-benar merasakan sebagai warga bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar