Minggu, 27 Oktober 2013

Transportasi yang ada di Indonesia

1. Becak
Becak jenis transportasi beroda tiga yang ada di Indonesia. Penumpang becak hanya dua orang dan seorang pengemudi. Becak merupakan cara mudah untuk seseorang mencari nafkah tapi becak sudah dilarang beroperasi di Jakarta sekitar akhir 1980-an tapi becak masih sering beroperasi di beberapa ruas jalan yang jauh dari pusat pemerintahan dan banyak di temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (Malioboro).

2.  Delman

Delman kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Delman kini digunakan lebih pada angkutan lingkungan yang berjarak tempuh pendek atau di pedesaan yang bersifatnya regional antar kampung dan delman juga ada di tempat rekreasi di jakarta seperti di monas bisa menggunakan delman ini untuk berkeliling. 

3. Bajaj
Bajaj kendaraan bermotor yang beroda tiga, bajaj banyak ada di Jakarta, di kota Banjarmasin maupun di Pekanbaru serta beberapa ibukota kabupaten di Indonesia yang menjadikan sebagai modal transportasi umum. Untuk bajaj di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan oranye. Di pintu depan bajaj, biasanya ada tulisan daerah operasi bajaj.

4. Kereta Api
Kereta api sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak yang bergerak di atas rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Kereta Api merupakan transportasi yang muat banyak penumpang, tujuan  kereta api sekitar jabotabek maupun ke luar daerah.

0 komentar:

Posting Komentar