Kamis, 03 Oktober 2013

Tarian Indonesia

Di Indonesia banyak berbagai macam jenis tarian yang sangat memukau dan sangat layak untuk disaksikan tapi sekarang di zaman ini tarian Indonesia sudah jarang diminati oleh berbagai kalangan khususnya oleh para remaja yang seharusnya melestarikan tarian indonesia dikarenakan kurangnya rasa nasionalisme dan  adanya arus globalisasi yang dapat membuat para remaja lebih menyukai tarian dari luar negri, contohnya : lebih menyukai dance dibandingkan menyukai tairan jaipong dan lebih mau mengikuti eskul dance dibandingkan eskul saman yang ada di sekolah. 

Kami mau mengangkat tema tarian indonesia ini karena ingin membuat semua kalangan masyarakat dapat mencintai kebudayaan Indonesia itu sendiri khusunya untuk Tarian Indonesia, Bangga akan kebudayaan itu sendiri dan Mau melestarikan budaya kita sendiri agar negara lain dapat mengetahui kalau Indonesia mempunyai tarian-tarian yang sangat indah dan tidak kalah dengan tarian yang lain .

Berikut ini salah satu Tarian Indonesia yang ada di berbagai daerah :

1. Tari Saman - Aceh
Tarian ini berasal dari dataran tinggi Gayo. Pada masa lalu tarian Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa - peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh dan ditampilkan untuk memeriahkan acara Kelahiran Nabi Muhammad.saw. Tari Saman ditampilkan menggunakan iringan alat musik berupa gendang dan menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha penari sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut Syech.


2. Tari Sekapur Sirih - Jambi
Tari Sekapur Sirih ini mendeskripsikan sebagai perasaan lapang dan terbuka yang dimiliki orang-orang Jambi terhadap tamu yang berkunjung ke daerah mereka. Jumlah penari dalam tarian ini ialah 9 orang penari perempuan dan 3 orang penari laki-laki. Di antara dua belas penari tersebut satu orang bertugas memegang payung, dua orang pengawal, dan sisanya menari. 

3. Tari Jaipong - Jawa Barat
Tari Jaipong atau Jaipongan merupakan kesenian khas Jawa Barat yang menampilkan gerakan lincah, ceria, humoris, dan spontan dengan iringan dari alat-alat musik tradisional seperti kendang, ketuk, dan gong. 

4. Tari Merak - Jawa Barat
Ciri Tari Merak terlihat dari pakaian yang dipakai penarinya memiliki motif seperti bulu merak. Kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak (hijau,biru atau hitam). Dan sepasang sayapnya yang melukiskan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan. Gambaran merak bakal jelas dengan memakai mahkota yang dipasang dikepala setiap penarinya. Tarian ini biasanya terdiri dari tiga penari  atau lebih yang masing-masing memiliki peran sebagai wanita dan laki-laki.




0 komentar:

Posting Komentar