Jumat, 04 Oktober 2013

Rumah Adat Indonesia

Banyak berbagai macam rumah adat  di Indonesia ini yang merupakan Ciri Khas Suatu Provinsi itu sendiri bangunan yang sangat unik dengan beraneka ragam bentuk. Biasanya kita bisa melihat berbagai macam rumah adat ini hanya ada di Taman Mini Indonesia Indah. Di blog ini saya akan sedikit mengingatkan macam-macam rumah adat yang ada di Indonesia.

1. Rumah Kasepuhan - Cirebon

Rumah Kasepuhan Cirebon, Berbentuk panggung yang beratapkan daun atap, lantainya dari pelupuh (bambu yang dibelah-belah), dan dindingnya terbuat dari bilik bambu. Sedangkan, penyangganya adalah batu yang telah dibuat seperti balok dengan ujungnya semakin kecil.

2. Rumah  Gadang - Sumatra Barat
Rumah  Gadang berbentuk panggung dan setiap tiangnya tidak ada yang tegak lurus, tapi mempunyai kemiringan dikarenakan orang-orang dahulu yang datang dari laut hanya tahu cara membuat kapal. jadi, bentuk rumah gadang meniru rancangan dalam membuat kapal. Selain itu, rumah gadang tidak memakai paku, tetapi hanya dengan pasak dari kayu.

3. Rumah Honai - Papua



Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai sengaja dibangun sempit atau kecil dan tidak brjendela yang bertujuan untuk menahan hawa dingin pegunungan papua.

4. Rumah Banjar Bubungan Tinggi - Kalimantan Selatan
Rumah Banjar Bubungan Tinggi bagian depan rumah berfungsi sebagai teras (pelatar), yaitu tempat para anggota keluarga bersantai. Bentuk rumah ini seperti panggung yang dibawahnya dapat digunakan untuk menyimpan padi. Seluruh bangunan rumah terbuat dari kayu ulin dengan atap sirap kayu ulin.

5. Rumah Tongkonan - Sulawesi Selatan
Rumah Tongkonan terdiri atas tiga ruangan, yaitu ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Kolong rumah digunakan untuk kandang kerbau belang yang melambangkan kekayaan sedangkan di depan rumahnya susunan tanduk-tanduk kerbau yang melambangkan bahwa pemiliknya telah berulang kali mengadakan upacara kematian secara besar-besaran.

0 komentar:

Posting Komentar