Jumat, 04 Oktober 2013

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

1. Sejarah Singkat

Sejak Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan sebagai bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat, Aceh merupakan salah satu daerah dari Negara RI sebagai sebuah keresidenan dari Provinsi Sumatra. Bersamaan dengan pembentukan keresidenan Aceh, diangkatlah Teuku Nyak Arief sebagai Gubenur.

2. Ciri Khas Adat



A. Pakaian Adat

Pria memakai baju jas leher tertutup, celana panjang (cekak musang), kain sarung (pendua), kopiah (meukutop), dan sebilah rencong yang diselipkan di depan perut.

B. Rumah Adat

Rumoh Aceh terdiri atas tiga serambi yaitu Sueramoe Keu ( Serambi Depan), Rumah Inong (antara Serambi Depan dan Serambi Belakang), dan Sueramoe Likot (Serambi Belakang) dan ada juga Krong Pade (Beranda) sebagai lumbung padi.
  
C. Makanan Khas 
Kue Bhoi
Kue bolu Aceh = Kue Bhoi. Bentuknya sangat bervariasi, mulai dari bentuk ikan, bunga, binatang dan lain-lain sajian ini biasa dibawakan ketika mengunjungi sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran. Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria untuk calon pengantin perempuan pada saat acara pernikahan.




0 komentar:

Posting Komentar