Sabtu, 26 Oktober 2013

Tokoh Daerah Provinsi Jawa Tengah

Tokoh Daerah Provinsi Jawa Tengah

1. Nyi Ageng Serang
Nyi Ageng Serang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi (Serang, Purwodadi, Jawa Tengah, 1752 - Yogyakarta, 1828) merupakan seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia anak dari Pangeran Natapraja yang menguasai wilayah terpencil dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang yang sekarang wilayah perbatasan Grobogan-Sragen. Setelah ayahnya wafat Nyi Ageng Serang menggantikan kedudukan ayahnya. Nyi Ageng Serang  salah satu keturunan Sunan Kalijaga, ia juga mempunyai keturunan seorang Pahlawan nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Ia dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo.

2. Prof.Dr.Suharso



Prof. Dr. Suharso lahir di Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, 13 Mei 1912  ia meninggal di Solo, Jawa Tengah, 27 Februari 1971 pada umur 58 tahun,ia merupakan dokter ahli bedah, pahlawan nasional Indonesia, dan pendiri Pusat Rehabilitasi Profesor Dokter Suharso di Kota Surakarta yang merupakan tempat merawat penderita cacat jasmani.

3. R.A.Kartini

 Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 ,ia meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini merupakan seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

4. H.Samanhudi


Samanhudi atau sering disebut Kyai Haji Samanhudi lahir di Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, 1868 pada tanggal 8 oktober,ia meninggal di Klaten, Jawa Tengah, 28 Desember 1956 ia merupakan pendiri Sarekat Dagang Islam, sebuah organisasi massa di Indonesia yang awalnya merupakan wadah bagi para pengusaha batik di Surakarta. Nama kecilnya ialah Sudarno Nadi,Ia dimakamkan di Banaran, Grogol, Sukoharjo. Sesudah itu, Serikat Islam dipimpin oleh Oemar Said Tjokroaminoto.

0 komentar:

Posting Komentar