Senin, 21 Oktober 2013

Makanan Khas Daerah


Makanan Khas Daerah


1. Sate Padang - Sumatra Barat
Sate Padang adalah makanan khas Sumatera Barat yang dibagi menjadi Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Kalau Sate Padang Panjang yang membedakan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan Sate Pariaman kuahnya berwarna merah dan rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. 

2. Gudeg - Jogja
Gudeg menjadi makanan wajib bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke Jogja. Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem kemudian gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tidak ada duanya.

3. Pempek - Palembang
Pempek, merupakan salah satu makan khasnya orang palembang, yang memiliki bahan dasar dari sagu dan ikan. Biasanya pempek disajikan dengan mie atau bihun beserta timun dan kuah yang sedap bisa juga ditambahkan sambal jika kuah nya kurang pedas. Pempek terdiri dari berbagai variasi yaitu Kapal Selam, Lenjer, Adaan, dll. Pempek banyak dijual di rumah makan yang berada di pinggir jalan khususnya di dekat Terminal Pasar Minggu . 

4. Soto Betawi -DKI Jakarta
Soto adalah sup tradisional terutama terdiri dari kaldu, daging dan sayuran. Ini adalah hidangan umum, ditemukan dalam berbagai variasi regional masakan Indonesia. Biasanya banyak sup tradisional disebut soto, sedangkan sup dipengaruhi asing dan Barat disebut sop.

5. Rujak Cingur- Surabaya
Makanan Ini Disebut Rujak cingur  karena bumbu olahan yang digunakan adalah oetis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar